YouTube Mengembangkan Fitur “Go Live Together” ke Lebih Banyak Pengguna iOS dan Android

YouTube Mengembangkan Fitur Go Live Together

YouTube telah memperkenalkan fitur kolaboratif baru bernama “Go Live Together,” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung bersama. Awalnya diperkenalkan pada bulan November tahun sebelumnya, fitur ini kini lebih mudah diakses pada perangkat mobile iOS dan Android. Tujuan utama dari “Go Live Together” adalah untuk memfasilitasi kolaborasi antara para kreator yang memiliki 50 atau lebih pelanggan.

Baca juga: YouTube Shorts Menghadirkan Fitur Remix Musik untuk Bersaing dengan TikTok

Fungsionalitas dari fitur ini cukup sederhana: memungkinkan seorang kreator YouTube untuk mengundang seorang tamu untuk bergabung dalam sesi siaran langsung. Meskipun hanya satu tamu yang dapat diundang dalam satu waktu, fleksibilitas ada untuk memutar beberapa tamu selama siaran langsung yang sama. Menariknya, persyaratan 50 pelanggan eksklusif untuk tuan rumah. Tuan rumah dapat mengundang setiap kreator YouTube, terlepas dari jumlah pelanggan mereka, untuk bersiaran secara bersama-sama.

Mengenai Pengembangan  Fitur “Go Live Together” YouTube

Saat ini, “Go Live Together” hanya tersedia di aplikasi mobile YouTube dan tidak dapat diakses oleh pengguna desktop. Para kreator memiliki opsi untuk menjadwalkan siaran bersama melalui YouTube di desktop. Namun, baik tuan rumah maupun tamu harus terhubung ke siaran yang dijadwalkan melalui aplikasi YouTube pada perangkat mobile.

Menanggapi umpan balik pengguna, YouTube mengakui dalam sebuah cuitan terbaru bahwa mereka sedang aktif mengeksplorasi kemungkinan penambahan dukungan desktop untuk fitur kolaboratif ini. Platform ini berkomitmen untuk memberikan pembaruan tentang perkembangan ini di masa depan. Ini juga menunjukkan komitmen untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk para kreator di berbagai perangkat.

Perlu dicatat bahwa meskipun YouTube telah memperkenalkan fitur siaran langsung kolaboratif ini, bukanlah platform pertama yang melakukannya. Platform lain juga telah memperkenalkan konsep bersiaran bersama. Ini juga menunjukkan tren industri secara luas untuk mendorong kolaborasi di antara para kreator konten.

Baca juga: YouTube Meluncurkan Aplikasi Edit Video Baru “YouTube Create” untuk Pembuatan Video Pendek

Sebagai kesimpulan, fitur “Go Live Together” dari YouTube mewakili langkah maju dalam memfasilitasi kolaborasi di antara para kreator di platform tersebut. Kemampuan untuk bersiaran bersama dengan tamu, ditambah dengan potensi ekspansi dukungan desktop, menunjukkan komitmen YouTube untuk memberikan lingkungan yang dinamis dan inklusif bagi para kreator konten dan audiens mereka. Seiring dengan terus berkembangnya platform ini, pengguna dapat mengharapkan peningkatan dan inovasi lebih lanjut untuk memperkaya pengalaman siaran langsung mereka.