MediaTek Dimensity 9300+ Meningkatkan Dukungan AI dalam Chip Smartphone

MediaTek Dimensity 9300+

MediaTek, produsen semikonduktor terkemuka, telah meluncurkan tambahan terbarunya ke dalam lineup Dimensity, yaitu Dimensity 9300+ SoC. Chip baru ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan AI generatif (kecerdasan buatan) dan LLM (large language models) di perangkat, menandai kemajuan signifikan dalam portofolio teknologi MediaTek.

Dimensity 9300+ bertujuan untuk memberikan peningkatan kecepatan clock dan kinerja yang dioptimalkan untuk pemrosesan AI generatif di perangkat. Ini termasuk dukungan yang lebih luas untuk LLM, yang penting untuk berbagai aplikasi AI. Meskipun data kinerja spesifik belum tersedia, pernyataan MediaTek menunjukkan fokus yang jelas pada memberdayakan produsen smartphone untuk meningkatkan kemampuan AI perangkat mereka.

Baca juga: Inovasi Kamera Terbaru: TECNO Perkenalkan Seri CAMON 30 dengan Fitur Unggulan

MediaTek Mengungkapkan Dimensity 9300+: Meningkatkan Dukungan AI dalam Chip Smartphone

JC Hsu, Wakil Presiden Senior Perusahaan di MediaTek, menyoroti dampak potensial chip tersebut, menyatakan, “Dimensity 9300+ akan membantu kami terus membangun ekosistem aplikasi AI generatif yang kaya berkat dukungan LLM yang luas dan LoRA Fusion di perangkat. Untuk meningkatkan pengalaman AI ini, Dimensity 9300+ menawarkan kinerja yang mengesankan dan perbaikan untuk mempercepat inferensi LLM, menjalankan token dengan kecepatan yang lebih tinggi untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.”

MediaTek memproduksi Dimensity 9300+ menggunakan proses TSMC 4nm generasi ketiga, menampilkan satu inti Arm Cortex-X4 yang beroperasi pada 3,4 GHz, tiga inti Cortex-X4, dan empat inti Cortex-A720. Ini memperkenalkan NeuroPilot Speculative Decode Acceleration Technology, meningkatkan pemrosesan AI dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Baca juga: Huawei Memperkenalkan Produk Terbarunya Watch Fit 3, Matebook X Pro, dan Matebook 14

Chip ini mencakup mesin AI APU 790, mendukung LLM dengan parameter 1B, 7B, dan 13B, dengan skalabilitas hingga 33B. MediaTek mengklaim bahwa Dimensity 9300+ dapat menjalankan LLM dengan tujuh miliar parameter pada 22 token per detik, lebih dari dua kali lipat dari tingkat solusi mass-market bersaing.

Untuk penggemar gaming, Dimensity 9300+ menawarkan mesin hardware ray tracing generasi kedua dengan GPU Arm Immortalis-G720, memungkinkan pengalaman ray tracing pada 60fps. Teknologi MediaTek Adaptive Gaming (MAGT) meningkatkan efisiensi daya dalam judul game populer, memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga suhu perangkat.

ISP Imagiq 990 meningkatkan fotografi dalam kondisi cahaya rendah, menyediakan pemrosesan RAW 18-bit. Ini juga dilengkapi dengan AI Semantic Analysis Video Engine bawaan untuk kemampuan videografi AI canggih, termasuk segmentasi adegan 16 dengan tangkapan video real-time untuk mengurangi noise, meningkatkan kecerahan, dan meningkatkan warna.

Baca juga: Bocoran iPhone 16 Kabarnya Akan Meningkatan Ukuran Layar Pakai Chip A 18!

Secara keseluruhan, Dimensity 9300+ SoC dari MediaTek merupakan langkah maju yang signifikan dalam kemampuan AI di perangkat smartphone, menawarkan kinerja yang ditingkatkan, pemrosesan AI yang lebih baik, dan fitur gaming dan fotografi yang canggih.