Inilah 5 Fitur Utama Model iPad Air 11 Inci dan 13 Inci 2024

Fitur Utama Model iPad Air 11 Inci dan 13 Inci

Apple Meluncurkan Seri iPad Air Menengah Terbaru dalam Acara “Bebaskan Diri” Mei 2024: Inilah Semua Perubahan Menarik yang Perlu Anda Ketahui!

Di acara “Bebaskan Diri” bulan Mei 2024, Apple telah memperbarui lini iPad Air menengahnya, dan ini tidak hanya menawarkan penyegaran perangkat keras belaka. Kini, Anda bahkan memiliki beberapa opsi untuk dipilih. Mari kita bahas semua perubahan yang patut diperhatikan.

5 Fitur Utama Apple iPad Air 11 Inci dan 13 Inci

1. Dua Ukuran Layar Baru

Model iPad Air sebelumnya hadir dalam satu ukuran—baik model iPad Air 2020 maupun 2022 menampilkan layar 10,9 inci. Dan jika Anda menginginkan layar yang lebih besar, Anda tak punya pilihan selain memilih iPad Pro 12,9 inci yang jauh lebih mahal.

Baca juga: iPad Pro Terbaru Kini Gunakan Layar Oled yang Super Terang

Beruntung, iPad Air 2024 hadir dalam ukuran layar 11 inci dan 13 inci, sehingga Anda dapat memilih ukuran yang Anda sukai sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda seorang seniman pemula yang membutuhkan kanvas yang lebih besar, Anda dapat memilih iPad Air 13 inci daripada iPad Pro 13 inci.

2. Chip M2

Jika chip M1 pada iPad Air sebelumnya tidak cukup kuat untuk alur kerja Anda, chip M2 pada model iPad Air 2024 seharusnya dapat memenuhi harapan Anda. Apple menyatakan bahwa iPad Air M2 memiliki kecepatan sekitar 50 persen lebih cepat daripada model sebelumnya untuk berbagai tugas produktivitas dan kreatif.

Seperti yang mungkin Anda ketahui dari perbandingan chip M2 dengan M1 kami, chip terbaru ini dilengkapi dengan dua inti GPU tambahan dan menawarkan bandwidth memori 100GB/s yang lebih cepat. Selain alur kerja kreatif, peningkatan ini membantu iPad Air 2024 tampil lebih baik dalam permainan yang membutuhkan GPU.

3. Kamera Depan dalam Mode Lanskap

Saya selalu merasa kamera selfie yang terletak di bagian atas pada iPad agak aneh untuk panggilan video. Kebanyakan orang menggunakan iPad mereka dalam orientasi lanskap selama panggilan video, terutama jika mereka menggunakan Magic Keyboard atau Smart Folio case. Bagi orang di sisi lain layar, terlihat seperti Anda melihat ke samping, dan sudut kamera ini kurang menguntungkan.

Baca juga: Apple Hapus Aplikasi WhatsApp, Signal, dan Threads dari App Store China: Apa yang Terjadi?

Untungnya, Apple akhirnya memindahkan kamera depan ke tepi dalam mode lanskap pada model iPad Air 2024. Dipadukan dengan fitur Center Stage, posisi kamera baru ini lebih baik untuk panggilan satu lawan satu maupun panggilan grup, karena dapat menjaga semua orang dalam bidang pandang secara otomatis.

4. Penyimpanan Awal Dikembangkan

Model dasar iPad Air M1 dilengkapi dengan ruang penyimpanan 64GB, yang tidak memadai bahkan untuk pengguna kasual. Namun, Apple telah meningkatkan penyimpanan awal menjadi 128GB untuk model iPad Air 11 inci dan 13 inci, sambil mempertahankan harga awal $599 yang sama.

Jadi dengan uang yang sama, Anda tidak hanya mendapatkan iPad yang lebih baik, tetapi juga lebih banyak ruang untuk menyimpan semua foto, media yang diunduh, permainan, dan aplikasi Anda.

5. Mendukung Apple Pencil Pro

Jika Anda sudah memiliki Apple Pencil (generasi 1 atau 2) yang Anda gunakan dengan iPad Anda saat ini, itu tidak akan berfungsi dengan model iPad Air 11 inci dan 13 inci. Anda perlu membeli Apple Pencil Pro seharga $129 atau Apple Pencil (USB-C) seharga $79 untuk menggambar, coret-coret, atau membuat catatan.

Saya sarankan untuk mendapatkan Apple Pencil Pro, terutama jika Anda seorang seniman digital, karena semua fitur baru yang dimilikinya. Untuk awal, Anda dapat memencet Apple Pencil untuk membuka menu kontekstual di layar atau memutar barrel untuk mengubah orientasi alat gambar. Mesin haptic bawaan juga memberikan umpan balik yang lembut untuk tindakan tertentu.

Baca juga: Masa Depan iPad: Antara Harapan dan Kenyataan

Selain itu, Apple Pencil Pro mendukung jaringan Apple Find My, memungkinkan Anda menemukan Apple Pencil dengan mudah jika Anda kehilangan atau salah tempat.

Kita biasa melihat peningkatan perangkat keras minor dengan setiap generasi baru iPad Air, tetapi Apple menawarkan sedikit lebih dari sekadar peningkatan spesifikasi kali ini. Selain warna space gray dan starlight standar, iPad Air 11 inci dan 13 inci tersedia dalam warna ungu dan biru yang baru. Jika sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat memesan salah satunya sekarang dari Apple Store Online.