Google Podcasts Tutup, Begini Cara Transfer Langganan ke YouTube Music

Begini Cara Transfer Langganan Google Podcasts ke YouTube Music

Google Podcasts, aplikasi populer dengan lebih dari 500 juta unduhan di Play Store, akan menutup layanan streaming-nya di AS pada tanggal 2 April. Keputusan Google untuk menutup aplikasi ini datang karena raksasa teknologi tersebut ingin lebih fokus pada podcast audio dan video melalui YouTube Music. Penutupan Google Podcasts diumumkan dalam sebuah pos blog tahun lalu, dan sementara ini sedang dihentikan secara bertahap di AS, pengguna di wilayah lain dapat mengharapkan aplikasi ini berhenti berfungsi lebih jauh di tahun ini. Dalam artikel ini, kami juga akan memberitahu Anda cara mentransfer langganan Google Podcasts Anda ke YouTube Music.

Baca juga: YouTube Mengembangkan Fitur “Go Live Together” ke Lebih Banyak Pengguna iOS dan Android

Untuk memberi tahu pengguna tentang penutupan yang akan datang, Google telah mengirimkan pemberitahuan dalam aplikasi selama beberapa minggu. Selain itu, halaman utama aplikasi sekarang menampilkan peringatan yang menyarankan pengguna untuk mentransfer data mereka ke YouTube Music atau layanan podcast lainnya.

Cara Transfer Langganan Google Podcasts ke YouTube Music dengan Mudah

Meskipun ditutup, aplikasi Google Podcasts masih akan tersedia untuk diunduh dari Play Store dan Apple Store. Namun, setelah tanggal 2 April, pengguna tidak akan lagi dapat melakukan streaming podcast menggunakan aplikasi tersebut. Mereka akan memiliki waktu hingga Juli 2024 untuk memindahkan data mereka ke aplikasi podcast lainnya.

Menjelaskan alasan di balik penutupan Google Podcasts, Google menyatakan dalam sebuah pos blog, “Menghadapi tahun 2024, kami akan meningkatkan investasi kami dalam pengalaman podcast di YouTube Music — menjadikannya destinasi yang lebih baik secara keseluruhan untuk penggemar dan podcaster dengan kemampuan khusus YouTube di bidang komunitas, penemuan, dan pengalihan audio/visual.”

Untuk mentransfer langganan ke YouTube Music, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Podcasts dan arahkan ke tab Beranda.
  2. Klik pemberitahuan penutupan aplikasi Google Podcasts dan pilih “Ekspor Langganan.”
  3. Pilih “Ekspor ke YouTube Music.”
  4. Proses ini akan mengalihkan Anda ke aplikasi YouTube Music, di mana Anda akan perlu memilih akun Gmail. Langganan Anda kemudian akan ditambahkan ke aplikasi YouTube Music, meskipun mungkin memerlukan beberapa menit untuk mentransfer semua langganan.

Baca juga: YouTube Shorts Menghadirkan Fitur Remix Musik untuk Bersaing dengan TikTok

Namun, Anda tidak dapat mentransfer semua podcast ke YouTube Music, dan beberapa pengguna mungkin melihat pesan “Konten tidak tersedia.” Dalam kasus seperti itu, pengguna dapat secara manual menambahkan podcast dengan memasukkan tautan RSS feed acara.

Bagi mereka yang ingin memindahkan podcast mereka ke aplikasi pihak ketiga, prosesnya lebih kompleks dan memerlukan pengunduhan melalui file OPML melalui Google Takeout.