Samsung Bersiap Produksi Chip Exynos 3nm Pertamanya

Samsung Bersiap Produksi Chip Exynos 3nm Pertamanya

Samsung telah bekerja keras pada chipset Exynos 3nm yang sangat dinantikan akhir-akhir ini. Samsung dan Synopsys mengungkapkan dalam sebuah rilis pers bahwa pabrik Samsung sedang mempersiapkan produksi massal chip Exynos 3nm pertama. Namun, rilis pers tersebut tidak secara eksplisit jelas tentang bagian Exynos. Kijoon Hong, wakil presiden SLSI di Samsung Electronics menyatakan:

“Kerjasama jangka panjang kami telah menghasilkan desain SoC terdepan. Ini merupakan tonggak bersejarah untuk mencapai kinerja, daya, dan area tertinggi pada inti CPU mobile paling canggih dan desain SoC dalam kolaborasi dengan Synopsys.

Baca juga: MediaTek Dimensity 9300+ Meningkatkan Dukungan AI dalam Chip Smartphone

Bukan hanya kami telah menunjukkan bahwa solusi berbasis AI dapat membantu kami mencapai target PPA bahkan untuk teknologi proses GAA yang paling canggih, tetapi melalui kemitraan kami, kami telah menetapkan sistem desain ultra-tinggi produktivitas yang secara konsisten memberikan hasil yang mengesankan.”

Samsung Berkolaborasi dengan Synopsys untuk Mengoptimalkan Seluruh Proses Produksi

Raksasa teknologi ini telah berkolaborasi dengan Synopsys. Bagi mereka yang belum tahu, ini adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam otomasi desain elektronik. Samsung ingin menyempurnakan seluruh proses produksi untuk memaksimalkan hasil dan meningkatkan kinerja chip.

Rilis pers tersebut menyatakan bahwa kedua perusahaan teknologi ini berada dalam proses desain terakhir, yang disebut “taping out”. Ini berarti desain akhir chipset 3nm yang sangat dinantikan sedang dikirim ke pabrik sehingga pabrik dapat menyesuaikan jalur produksi untuk proses produksi massal.

Baca juga: Inovasi Kamera Terbaru: TECNO Perkenalkan Seri CAMON 30 dengan Fitur Unggulan

Perlu dicatat bahwa chipset yang akan datang akan menjadi chip Samsung pertama yang kompleks dan berperforma tinggi berbasis node 3nm menggunakan proses Samsung Gate All Around (GAA).

Pabrik Samsung telah memproduksi chip 3nm sejak tahun 2022, namun itu adalah chip sederhana yang digunakan untuk pertambangan kriptokurensi. Di sisi lain, SoC yang digunakan pada perangkat mobile adalah elemen hardware yang lebih kompleks yang membutuhkan proses desain dan produksi yang berbeda.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, pabrik Samsung akan memulai produksi massal SoC generasi berikutnya dalam beberapa bulan ke depan. Namun, apakah chip 3nm pertama akan menjadi Exynos 2500 untuk lini Galaxy S25 atau SoC lain masih belum diketahui. Laporan mengklaim bahwa Galaxy Watch7 yang sebentar lagi akan hadir mungkin akan mendapatkan upgrade dengan hardware terbaru Samsung.

Baca juga: Huawei Memperkenalkan Produk Terbarunya Watch Fit 3, Matebook X Pro, dan Matebook 14

Jadi, mari kita tunggu dan lihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah kerjasama erat antara Synopsys dan Samsung akan memberikan kinerja, daya, dan area (PPA) yang luar biasa bagi pelanggan mereka? Waktu akan memberi jawaban. Tetap pantau untuk pembaruan lebih lanjut.