Sistem pencernaan: Pengertian, Cara Kerja, Proses & Bagiannya

kepotimes.com – Sistem Pencernaan pada tubuh manusia merupakan salah satu sistem yang unik yang mempunyai proses dan organ-organ yang bekerja sangat kompleks.

Namun apakah kalian sudah tahu bagaimana cara sistem pencernaan pada tubuh kita bekerja? Dan organ apa saja yang ada didalam sistem pencernaan pada tubuh kita ini?

Nah, untuk itu, kami mengajak anda untuk mengenal lebih jauh Hal apa saja yang terjadi pada sistem pencernaan pada tubuh manusia. Dan juga ada apa saja organ yang terdapat pada sistem pencernaan pada tubuh manusia.

Memahami Struktur dan Fungsi Sistem Pencernaan

Sistem Pencernaan

Makanan yang Anda makan mengambil perjalanan yang luar biasa melalui tubuh Anda – dari atas (mulut Anda) ke bawah (anus Anda). Sepanjang jalan bagian-bagian menguntungkan dari makanan Anda diserap, memberi Anda energi dan nutrisi. 

Berikut adalah akun langkah demi langkah dari cara kerja sistem pencernaan.

Bagian organ yang menyusun sistem pencernaan

Sistem pencernaan Anda dibangun secara unik untuk melakukan tugasnya mengubah makanan menjadi nutrisi dan energi yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup. Dan ketika itu selesai dengan itu, itu dengan mudah mengemas limbah padat Anda, atau tinja, untuk dibuang ketika Anda memiliki buang air besar.

Organ utama yang membentuk sistem pencernaan (sesuai fungsinya) adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, dubur dan anus. Yang Membantu mereka sepanjang jalan adalah pankreas, kantung empedu dan hati.

Begini cara organ-organ ini bekerja sama dalam sistem pencernaan Anda.

1. Mulut

Mulut adalah titik masuk untuk makanan, tetapi sistem pencernaan sering siap sebelum potongan makanan pertama bahkan memasuki mulut kita. Air liur dilepaskan oleh kelenjar ludah ke dalam rongga mulut kita saat kita mencium makanan. 

Begitu makanan masuk ke mulut, mengunyah (pengunyahan) memecah makanan menjadi partikel-partikel yang lebih kecil yang bisa lebih mudah diserang oleh enzim dalam air liur. Gigi kita dapat melakukan fungsi pemotongan dan penggilingan untuk menyelesaikan tugas ini. 

Lidah membantu mencampur makanan dengan air liur dan kemudian lidah dan atap mulut (langit-langit lunak) membantu memindahkan makanan ke faring dan kerongkongan

2. Kerongkongan

Faring (tenggorokan) adalah daerah transisi dari mulut ke kerongkongan. Dari faring ada dua jalur yang bisa diambil bolus makanan; 1) jalur yang salah, yaitu menuruni batang tenggorokan ke paru – paru , atau

2) jalur yang benar ke kerongkongan dan kemudian ke perut. Tindakan menelan adalah proses kompleks yang menutup tenggorokan (untuk melindungi paru-paru kita) dan memindahkan makanan ke kerongkongan.

Proses ini sebagian besar otomatis (refleks) tetapi juga sebagian di bawah kendali langsung kami. Begitu masuk ke kerongkongan, makanan dipindahkan ke kerongkongan dan masuk ke perut kita.

Esofagus adalah tabung otot yang berkontraksi secara sinkron (peristaltik) untuk memindahkan makanan ke bawah menuju perut.

Saat otot di belakang produk makanan berkontraksi, otot-otot di depan makanan mengendur, menyebabkan penggerak makanan ke depan. Peristaltik adalah mekanisme utama di mana makanan bergerak melalui sistem pencernaan kita.

3. Lambung

Dari kelenjar yang melapisi lambung, asam dan enzim dikeluarkan yang melanjutkan proses pemecahan makanan.

Otot perut selanjutnya mencampurkan makanan. Di akhir proses ini, makanan yang Anda masukkan ke dalam mulut telah diubah menjadi cairan kental yang disebut chyme.

Cairan kental ini kemudian didorong ke duodenum (bagian pertama dari usus kecil). Dengan bantuan enzim dari pankreas dan empedu dari hati, pemecahan makanan lebih lanjut terjadi di usus kecil.

4. Usus halus

Usus halus memiliki tiga segmen. Segmen pertama adalah duodenum tempat pemecahan makanan lebih lanjut terjadi.

Dua bagian usus kecil berikutnya (jejunum dan ileum) sebagian besar bertanggung jawab atas penyerapan nutrisi dari makanan olahan ke dalam aliran darah melalui dinding usus.

Setelah usus halus, sisa limbah meninggalkan saluran pencernaan bagian atas (saluran pencernaan bagian atas) yang terdiri dari segala sesuatu yang berada di atas usus besar , dan berpindah ke usus besar atau usus besar (permulaan saluran pencernaan bawah ).

5. Pankreas

Meskipun pankreas sebagian besar dikenal karena fungsi pengaturan gula darahnya dengan produksi insulin (sebagai bagian dari sistem endokrin – insulin mengalir langsung dari kelenjar ke dalam aliran darah).

pankreas adalah produsen utama enzim pencernaan sebagai bagian dari sistem eksokrin (enzim yang diproduksi oleh kelenjar melewati saluran ke usus ). Enzim ini dilepaskan ke dalam duodenum dan membantu pencernaan lemak , protein, dan karbohidrat.

6. Hati

Hati menghasilkan empedu untuk pencernaan dan pembuangan lemak. Selain itu, nutrisi disimpan di hati, dan racun serta bahan kimia disaring oleh hati.

7. Kantong empedu

Empedu disimpan dan dilepaskan dari kantong empedu. Saat makanan berlemak memasuki duodenum, kandung empedu berkontraksi dan melepaskan empedu.

8. Kolon, rektum, dan anus

Saluran GI bagian bawah berfungsi untuk memadatkan produk limbah (dengan menyerap air), menyimpan produk limbah hingga dapat dievakuasi (ke kamar mandi) dan membantu proses evakuasi. Secara keseluruhan, usus besar memiliki panjang sekitar 7 kaki dan terhubung ke rektum.

Di sini, seperti di sebagian besar bagian lain dari sistem GI, produk limbah digerakkan oleh gerakan peristaltik. Saat produk limbah melewati usus besar, air diserap dan tinja terbentuk.

The tinja dari usus besar disimpan dalam rektum. Sfingter anal memberikan kontrol untuk mengeluarkan atau menahan tinja. Begitu feses tiba di rektum, umpan balik ke otak membuat orang tersebut sadar akan perlunya buang air besar.

Kontrol sukarela atas sfingter anal memungkinkan kita menahan tinja sampai kita pergi ke toilet.

Artikel lainnya:

Nah, Jadi itulah pembahasan dari kami mengenai pembahasan dari Sistem Pencernaan manusia. yang telah kami tulis pada artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita dalam bidang biologi dan sains. Terimakasih..

Artikel Lainnya: