Apple Hapus Aplikasi WhatsApp, Signal, dan Threads dari App Store China: Apa yang Terjadi?

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp Signal dan Threads dari App Store China

Berita terbaru dari Washington Post Jumat lalu menyebutkan bahwa Apple telah menghapus beberapa aplikasi pesan berbasis AS dari App Store di China, termasuk WhatsApp, Signal, dan Threads. Meskipun secara resmi aplikasi-aplikasi tersebut sudah dilarang di China, namun masih bisa diakses oleh pengguna dengan VPN.

Alasan di Balik Penghapusan Aplikasi

Pemerintah China dilaporkan menyalahkan “keamanan nasional” yang tidak spesifik sebagai alasan di balik larangan terhadap aplikasi media sosial Barat, alasan yang sama yang diberikan oleh politisi AS untuk potensi larangan terhadap TikTok, sebuah aplikasi yang digunakan oleh 170 juta warga Amerika. Apple tidak langsung merespons pertanyaan yang dikirimkan melalui surel pada hari Jumat, tetapi mengatakan kepada CNN bahwa raksasa teknologi tersebut hanya mengikuti hukum setempat.

Baca juga: Bocoran iPhone 16 Kabarnya Akan Meningkatan Ukuran Layar Pakai Chip A 18!

“Kami berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara-negara di mana kami beroperasi, bahkan ketika kami tidak setuju,” kata juru bicara Apple yang tidak disebutkan namanya kepada CNN. “Administrasi Cakrawala China memerintahkan penghapusan aplikasi-aplikasi ini dari toko aplikasi China berdasarkan kekhawatiran keamanan nasional mereka. Aplikasi-aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh di semua toko aplikasi lain di mana mereka muncul.”

Hukum Lokal vs. Nilai-Nilai Kebebasan Berekspresi

Insistensi Apple bahwa mereka hanya mematuhi hukum setempat adalah hal yang umum dan telah menjadi landasan dari hampir setiap pembenaran yang didengar dari Silicon Valley untuk menyerah di bawah tekanan dalam berbagai pasar internasional. Bahkan Elon Musk, yang dikatakan sebagai “absolutis kebebasan berbicara”, telah menggunakan alasan tersebut ketika ditekan untuk mensensor konten di negara-negara dengan pemimpin otoriter sayap kanan.

Baca juga: Cara Membatalkan Update iOS dengan Mudah & Aman Di Iphone

Namun, sekarang ketika politisi Amerika berada di ambang larangan TikTok jika perusahaan induknya, ByteDance, tidak bercerai dari kepemilikan China, akan menarik untuk melihat apakah Silicon Valley akan menggunakan kartu yang sama. Setiap negara memiliki hukum yang berbeda terkait pidato, dengan banyak negara tidak memiliki jaminan konstitusional atas kebebasan berekspresi.

Uji Coba Nilai-Nilai Kebebasan Berekspresi

AS tentu saja merupakan negara yang secara nominal menghargai kebebasan berbicara dan potensi larangan TikTok pasti akan menguji nilai-nilai tersebut. Tetapi Apple hampir pasti akan dapat kembali pada alasan bahwa mereka hanya mengikuti hukum setempat. Ini adalah kebenaran dan sesuatu yang Apple dengan senang hati lakukan selama mereka masih bisa menghasilkan uang dengan jumlah besar sebagai perusahaan terbesar kedua di seluruh dunia.