Elon Musk dan Visi Unik Grok dalam Dunia Berita AI

Elon Musk dan Visi Unik Grok dalam Dunia Berita AI

Elon Musk kembali membuat gebrakan dengan mengumumkan fitur berita real-time Grok, yang hingga saat ini mengalami tantangan yang bisa ditebak hasilnya. Dalam sebuah email kepada newsletter Big Technology pada Jumat, Musk menyatakan bahwa Grok akan mengumpulkan informasi secara murni dari “merangkum apa yang orang katakan di X,”.

Musk menjelaskan bahwa setiap ringkasan Grok bertujuan untuk menggabungkan berita terkini dan komentar sosial dengan menganalisis “puluhan ribu” tweet, namun tidak akan melihat berita dari artikel berita manapun.

Baca juga: Mirip Tiktok! Kini Twitch Hadirkan Fitur Video Pendek “Discovery Feed”

“Seiring dengan makin banyaknya informasi yang tersedia, ringkasan berita akan diperbarui untuk mencakup informasi tersebut,” kata Musk kepada Big Technology. “Tujuannya sederhana: memberikan informasi yang maksimal akurat dan tepat waktu, dengan mengutip sumber-sumber yang paling signifikan.”

Pendekatan Grok terhadap berita yang dihasilkan oleh AI, jika tidak apa-apa, memang unik. Berita terkini yang cepat dan komentar sosial adalah dua hal yang secara historis membantu Twitter menonjol dari situs media sosial lainnya. Elon Musk berharap untuk menyaring bagian-bagian situs tersebut ke dalam ringkasan berita singkat Grok. Namun, pendekatan ini juga mengekspos Grok pada kelemahan terburuk dari X.

Platform tersebut dipenuhi dengan sindiran, ujaran kebencian, dan disinformasi, yang membuat sulit bagi robot Elon Musk untuk melakukan “jurnalisme sumber terbuka,” jika itulah yang kita sebut ini. Sejauh ini, ringkasan berita AI Grok telah kesulitan untuk membedakan apa yang nyata, sering kali membingungkan lelucon sebagai berita yang sah. Salah satu ringkasan berita AI membaca, “Klay Thompson Dituduh dalam Serangan Kekacauan Pembongkaran Bata yang Aneh,” salah mengartikan permainan kasar bintang NBA tersebut sebagai kejahatan yang sah.

Baca juga: Google Lakukan PHK Terhadap Karyawan Tim Programmer, Menjelang Google I/O 2024!

Igor Babuschkin, anggota staf teknis pengembang Grok xAI, mengatakan kepada Big Technology bahwa timnya sedang bekerja pada “membuat Grok memahami berita secara murni dari apa yang diposting di X.” Karena outlet berita sering dibahas di X, Babuschkin mengatakan Grok kadang-kadang akan merujuk pada artikel berita yang disebutkan dalam posting. Dia mengatakan xAI “sedang berusaha meningkatkan kutipan sehingga kita dapat mengidentifikasi dengan tepat informasi dalam artikel berasal dari siapa.” Namun, mengutip dengan akurat sebuah berita yang tidak pernah dibaca terdengar… mustahil.

Pencantuman komentar sosial dalam ringkasan Grok bisa menjadi cara yang baik untuk mengikuti pengguna. Masalah umum bagi pengguna baru X adalah bahwa mereka tidak tahu apa yang terjadi – mereka merasa seolah-olah mereka dilemparkan di tengah cerita. Ringkasan berita AI dapat memungkinkan pengguna casual untuk bergabung dalam percakapan. Tentu saja, itu jika Grok memahami konteks cerita, sesuatu yang selalu menjadi masalah berulang bagi Grok.