OneDrive for Web Memperkenalkan Mode Offline Baru untuk Kemudahan Akses Berkas

Fitur Mode Offline OneDrive for Web

Microsoft kembali menghadirkan inovasi terbaru untuk OneDrive versi web, dengan memperkenalkan mode offline yang dirancang untuk memberikan akses dan kinerja yang lebih baik, baik pengguna terhubung dengan internet maupun tidak.

“Dengan terus menjalankan ambisi kami untuk memberikan akses yang mudah dan cepat ke berkas Anda, kami sekarang meluncurkan mode offline, yang membawa perbaikan kecepatan yang signifikan dan kemampuan offline saat menggunakan OneDrive di browser favorit Anda,” tulis Microsoft dalam sebuah postingan blog yang mengumumkan fitur baru ini.

Baca juga: Mark Zuckerberg memperkenalkan Pembaruan Komunitas WhatsApp, Inilah Fitur-Fiturnya

Mode offline di OneDrive memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berinteraksi dengan berbagai tampilan OneDrive seperti “Beranda,” “Berkas Saya,” “Dibagikan,” tanpa koneksi internet. Pengguna dapat melihat folder, nama file, dan metadata; mengganti nama, mengurutkan, memindahkan, atau menyalin file, dan membuka file yang disimpan secara lokal di aplikasi lain. Perubahan yang dilakukan secara offline akan disinkronkan dengan OneDrive begitu koneksi online kembali terhubung.

Dengan mode offline, Microsoft juga memperkenalkan status berkas baru dan ikon di OneDrive untuk mencerminkan ketersediaan offline dan perubahan status.

Selain itu, setelah terhubung kembali, pengguna akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan opsi tambahan untuk versi offline mereka termasuk menentukan berkas atau folder untuk akses offline dan mengelola ruang penyimpanan lokal dengan mengubah status berkas menjadi hanya tersedia secara online.

Microsoft mengatakan bahwa berkat penggunaan cache lokal, menjelajahi berkas dalam mode offline dapat menjadi hingga tiga kali lebih cepat daripada menggunakan aplikasi terhubung atau melalui browser web.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Google Pixel 8a, Tanggal Rilis dan Harganya

“Sebagai contoh, jika Anda sedang bekerja secara offline dan ingin membuka PDF, Anda hanya perlu mengklik kiri pada berkas tersebut untuk membukanya langsung di editor PDF favorit Anda daripada melalui pratinjau PDF berbasis browser,” tulis Microsoft. “Anda kemudian dapat melakukan pengeditan, dan ketika Anda terhubung kembali, perubahan Anda akan disinkronkan kembali ke OneDrive.”

Untuk mulai menggunakan mode offline (yang secara bertahap diperkenalkan), pengguna harus memastikan mereka menjalankan versi terbaru dari aplikasi sinkronisasi OneDrive di Windows atau Mac. Fitur ini diaktifkan dengan masuk ke OneDrive untuk web melalui Microsoft Edge atau Google Chrome, yang memicu pengaturan sekali pakai.